Build Aplikasi GUI #Part 4

PEMBANGUNAN APLIKASI GUI MENGGUNAKAN PHP DAN GAMBART

Instalasi

Instalasi Klorofil Platform, baik pada Windows maupun Linux, sangatlah mudah. Installer Klorofil Platform dibuat agar dapat digunakan dengan semudah mungkin. Installer Klorofil Platform juga telah menyediakan PHP sehingga kita tidak perlu menginstall PHP terlebih dahulu. Berikut ini langkah yang perlu dilakukan untuk menginstall Klorofil Platform pada masing-masing sistem operasi.

Instalasi pada Sistem Operasi Windows

  1. Pastikan bahwa kita telah memiliki installer terbaru dari Klorofil Platform versi Windows (klorofil-platform-x.x-installer.exe) yang dapat di-download di Klorofil Download Center.
  2. Jalankan file installer yang telah di-download. Secara default, Klorofil Platform akan di-install pada direktori Klorofil yang terdapat di dalam direktori Program Files.
  3. Setelah instalasi selesai, kita dapat mengakses Klorofil Platform melalui Start Menu.
  4. Untuk mengecek apakah instalasi telah sukses, kita dapat menjalankan contoh aplikasi Hello World yang disertakan pada installer. Apliksi Hello World tersebut dapat dijalankan dengan mengklik Start Menu > Klorofil > Samples > Hello World.

Instalasi pada Sistem Operasi Linux

  1. Pastikan bahwa kita telah memiliki installer terbaru dari Klorofil Platform versi Linux (klorofil-platform-x.x-installer.tar.bz2) yang dapat di-download di Klorofil Download Center
  2. Lakukan dekompresi pada file installer.
    $ tar -xjf klorofil-platform-x.x-installer.tar.bz2
  3. Jalankan file installer yang telah di-dekompres dengan menggunakan user root.
    $ cd klorofil-platform-x.x-installer
    $ su
    $ ./install
    $ exit
  4. Secara default, Klorofil Platform akan di-install pada direktori /usr/lib/klorofil.

Untuk mengecek apakah instalasi telah sukses, kita dapat mencoba menjalankan contoh aplikasi Hello World yang disertakan pada installer. Aplikasi Hello World tersebut dapat dijalankan dengan melakukan langkah berikut ini.

  1. Pindah ke direktori dimana aplikasi Hello World berada.
    $ cd /usr/lib/klorofil/samples/hello_world/
  2. Jalankan aplikasi Hello